Minuman Tradisional yang Dapat Tingkatkan Sistem Imun

Minuman Tradisional yang Dapat Tingkatkan Sistem Imun

Kasus Covid 19 kian hari kian meresahkan bukan. Setiap hari kita dibikin was-was dengan bertambahnya pasien covid 19. Akan tetapi kita harus tetap survaiv untuk dapat melanjutkan kehidupan. Hal utama yang menurut ku sangat penting untuk tetap sehat di masa pandemic adalah menjaga daya tahan tubuh. Konsumsi obat-obat kimia dalam jangka panjang tentu beresiko juga. Nah, untuk membantu tubuh memperkuat sistem imun kita dapat mengkonsumsi minuman tradisional.

Minuman tradisional yang terbuat dari rempah-rempah dipercaya mampu menjaga sistem imun kita bahkan mengobati berbagai penyakit. Kita patut bersyukur kepada Tuhan yang telah menitipka berbagai jenis rempah di negara kita tercinta Indonesia. Untuk mendapatkannya minuman tradisional tidak susah. Karena negara kita kaya akan aneka ragam rempah sehingga bahan bakunya mudah didapat.

Kita dapat membuat sendiri minuman tradisional, atau jika tak mau repot anda dapat membeli minuman tradisional siap seduah bahkan siap minum. Kini banyak sekali toko baik online maupun offline yang menyediakan minuman tradisional. Agar anda lebih memahaminya berikut minuman tradisional yang dapat meningkatkan sistem imun

Minuman tradisional jamu

Jamu dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mengobati penyajit. Minuman satu ini sudah ada sejak zaman nenek-nenek kita. Banyak ragam jenis jamu yang ada disekitar kita. Yang mungkin di setiap daerah tertentu akan berbeda jenis jamunya. Berikut beberapa jenis jamu di Indonesia:

Beras kencur

Beras kencur adalah salah satu minuman tradisional dari tanah Jawa yang terbuat dari berasa dan kencur. Ketika anda meminumnya anda akan merasakan sensasi segar dengan perpaduan rasa asam, manis dan sedikit rasa pahit. Jamu beras kencur dapat meningkatkan sistem imun dan juga kaya akan manfaat lain. Seperti meredahkan batuk, meredahkan nyeri atau pegal linu, meningkatkan nafsu makan, mengatasi masuk angina, dan juga dapat menebalkan dinding lambung.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Diet Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Jamu beras kencur ini juga bisa untuk melangsingkan tubuh. Apabila anda sering konsumsi obat diet yang bikin perut mulas. Berbeda dengan beras kencur yang tidak menyebabkan perut mulan.

Sinom

Masih dengan jamu yang berasal dari tanah Jawa dengar rasa segar asam manisnya. Minuman satu ini dibuat dari daun asam jawa yang masih muda. Pernah tidak anda merasakannya. Kalua aku dulu waktu kecil suka nih ambil daun asam jawa yang masih muda didepan sekolah SD dan mencocolnya dengan sambal…mantap..hehehe.

Nah. ..ternyata daun asam jawa bisa dibuat minuman menyegarkan dan berkasiat dengan dicampur irisan kunyit dan kemudian anda dapat merebusnya. Jadih deh jamu sinom. Rasa asam manis nya pasti bikin anda ketagihan. Tidak hanya menyegarkan. Sinom ternyata memiliki banyak khasiat diantaranya:

Manfaat Sinom

Sinom kaya kan kandungan antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas yang masuk ketubuh. Dengan demikian akan membantu menjaga sistem imun anda. Sinom juga dapat menurunkan demam, memperlancar sistem pencernaan, dan juga mengontrol kadar gula dalam darah.

Bagi anda ibu menyususi sinon juga mampu memperlancar ASI dan tentu rasa segarnya membantu anda menghilanhkan kantuk dipagi hari. Kata orang tua pamali kan tidur dipagi hari.

Kunyit asam

Kunyit asama, jamu satu ini kesukaan aku banget ini. Bahkan terbilang sering aku membuatnya. Jamu yang terbuat dari kunyit yang disebus dengan asam jawa ini nikmat sekali apa lagi diambah dengan gula aren…seger. Banyak sekali manfaat dari kunyit asalam diantaranya:

Manfaat kunyit asam

kunyit asam dapat mengatasi infeksi pada tubuh, radang, menetralisir racun dalam tubuh, meningkatkan isitem imun tentunya, dan juga dapat membakar lemak jahat dalam tubuh.

Baca Juga :  Inilah Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Kunyit asam juga bagus untuk kecantikan tubuh anda. Kunyit asam dapat mencerahkan kulit, memperlambat proses penuaan dini, dan juga menghilangkan bau badan tak sedap.

Minuman tradisional wedang

Selain jamu Indonesia juga punya minuman tradisional wedang yang juga terbuat dari rempah-rempah kaya manfaat. Diantaranya:

Wedang Uwuh

Siapa sih yang gak kenal wedang uwuh. Kalian para pecinta minuman tradisional pasti tau wedang khas Yogyakart satu ini. Wedang Uwuh. Wedangt uwuh cocok bangat menemani saat santai. Apalagi jika anda sudah tau kasiatnya. Berikut khasiat wedang uwuh

Wedang uwuh mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memiliki kandungan antioksidan alami, meningkatkan kekebalan tubuh, dan juga meningkatkan stamina anda.

Wedang Secang

Kenapa diberi nama secang? Karena, wedang ini berbahan dasar dari kayu secang. Seceng memiliki kandungan antioksida yang dapat menangkal radikal bebas, seceng juga memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Ini sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh anda. Wedang seceng juga bermanfaat untuk antibiotic alami.

Bandrek

Minuman tradisional yang berasal dari Jawa Barat ini terbuat dari campuran kayu manis, cengkeh, daun pandan, jahe, gula aren, dan garam. Bandrek dapat menjadi obat bagi penderita kanker, menurunkan tekanan darah, dan juga memiliki kandungan antioksidan.

Bandrek yang diminum hangat juga mampu atasi masuk angin, perut kembung, mual, serta gangguan sistem pencernaan.

Itulah beberapa minuman tradisional yang kaya akan khasiat. Jadi tidak sedikit-sedikit minum obat kimia kan. Tubuh makinsehat tanpa efek samping.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *